Sepenggal kisah tentang sebuah artikel… :p


Hari ini,, tepatnya tadi sore sepulang kuliah saya baru saja membaca sebuah kisah menarik yang mungkin dapat memotivasi kita semua agar lebih dekat kepada-Nya. Kisah itu berjudul “Pahala Takut kepada Allah” , dalam kisah itu diceritakan tentang seorang lelaki yang tidak pernah berbuat kebajikan sama sekali semasa hidupnya. Ketika tiba saatnya ajal menjemput, Lelaki itu berwasiat kepada keluarganya, ‘Jika aku mati, maka bakarlah aku hingga lumat menjadi abu. Kemudian, tebarkanlah sebagian abu itu di daratan, dan sebagian di lautan. Demi Allah, jika Allah sampai menghisabku, pasti Dia akan mengazabku dengan azab yang tidak pernah ditimpakan kepada seorang pun di alam semesta!’. Setelah berwasiat, maka lelaki itu pun meninggal, dan keluarganya melaksanakan apa yang telah diwasiatkan lelaki tersebut.

Lalu, Allah memerintahkan daratan untuk mengumpulkan abu yang disebar di daratan itu dan memerintahkan lautan untuk mengumpulkan abu yang disebar di lautan itu. Kemudian, Allah SWT bertanya kepada lelaki itu (setelah dihidupkan kembali), ‘Mengapa kau lakukan ini?’, dan lelaki itu menjawab, ‘Karena aku takut kepada-Mu Tuhanku, dan Engkau lebih tahu itu.’ Maka Allah SWT lalu mengampuninya.

Dari kisah itu terdapat sebuah kenyataan yang unik dan penuh hikmah, bahwa seseorang yang selalu berbuat maksiat dan tidak pernah beramal shalih semasa hidupnya sekali pun, memiliki rasa takut kepada Allah SWT. Rasa takut itu yang mendorong dia melakukan sebuah wasiat bodoh dan berharap dia akan selamat dari azab Allah SWT.

Namun Allah SWT. Maha Kuasa atas segala sesuatu dan tetap menghisabnya. Hingga pada akhirnya Allah mengampuni lelaki tersebut berkat rasa takutnya pada keagungan Allah SWT. Hikmah yang dapat diambil dari sepenggal kisah di atas adalah, sekecil apapun keimanan dalam dada(hati) seseorang (yaitu keyakinan akan adanya Allah, hisab, dan keadilan Allah) dapat mendatangkan ampunan dan rahmat Allah SWT. Bagaimana jika rasa takut kepada Allah itu dihadirkan setiap saat dengan disertai amal shalih? Tentu pahala yang disediakan Allah akan lebih besar dan agung.

Kisah tersebut saya baca dari sebuah buku yang berjudul “Ketika Cinta Berbuah Surga”, karangan seorang penulis muda yang terkenal dengan beberapa buku’a yang sudah best seller dan sempat difilmkan, yaitu Habiburrahman El Shirazy atau biasa dikenal dengan Kang Abiek. Beberapa buku karya Kang Abiek yang sudah saya baca sangat memotivasi dan menyentuh hati, semoga karya’a dapat memotivasi para pembaca yang lain. Serta saya dapat lebih memahami dan mengamalkan ajaran agama yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dan lebih dekat kepada Allah SWT, lebih mensyukuri kehidupan yang telah diberikan oleh-Nya serta memanfaatkan’a dengan baik. Aminnn.

“ Dan adapun orang-orang yang takut kepada keagungan Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). “ (QS an-Naazi’aat[79]: 40-41)

Referensi : Buku Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El Shirazy

One thought on “Sepenggal kisah tentang sebuah artikel… :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s